Dunia Sorot Kalimantan dan Sumatera soal Lingkungan Hidup

Mata dunia tertuju pada Indonesia soal pengelolaan lingkungan di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Berbagai persoalan lingkungan di Indonesia belakangan ini turut memberi andil atas tajamnya sorotan dunia, khususnya dari negeri tetangga. Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, saat membuka Rapat Koordinasi Lingkungan Hidup Ekoregion Kalimantan di Hotel Novotel di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (12/3/2014), mengungkapkan tajamnya sorotan itu.”Kredibilitas lingkungan hidup Indonesia tergantung Kalimantan dan Sumatera. Kejadian kerusakan di dua tempat ini akan dilihat dunia,” kata Balthasar. Kabut asap yang ikut menyelimuti Singapura belakangan ini, misalnya, diklaim kiriman dari Riau.

Kabut asap juga berdampak pada kawasan Malaysia di perbatasan Kalimantan Barat. Kedua persoalan dengan negeri tetangga pun mempertaruhkan kredibilitas negeri ini. “Bahkan, satu orang utan yang mati saja sudah menggemparkan dunia,” kata Balthasar.

Karena itu, kata Balthasar, pemerintah terus mengupayakan pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik dan penindakan atas pelaku kejahatan lingkungan. Rakor LH Ekoregion Kalimantan bertujuan merancang berbagai upaya maksimal untuk menurunkan beban pencemaran, pengendalian kerusakan, dan peningkatan kapasitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 9 = sixty three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>