Intimidasi Tak Halangi Jalur Penyelamatan Satwa dan Lingkungan

Selain getol mengampanyekan antiperdagangan satwa liar, melalui ProFauna Indonesia, suami Made Astuti ini juga aktif menyuarakan aksi penyelamatan lingkungan. Aktivitas ini membuat Rosek Nursahid diculik selama sepekan oleh sekelompok orang. Penyebabnya ia berusaha menggagalkan pembabatan hutan kota di Malang pada tahun 1995 silam. Selama sepekan diculik, dia dihajar di sebuah tempat tersembunyi dan hanya diberi makan sekali sehari. Meski kerap diintimidasi tak membuatnya putus asa melawan berbagai aktivitas yang mengancam kelestarian satwa liar di habitatnya. Namun sebagai manusia, dia juga pernah merasakan jenuh.

“Tahun 2007 misalnya, saya merasa sangat jenuh dan ingin istirahat untuk menjalani hobi saya sendiri. Akhirnya saya putuskan untuk setahun vakum dan mempercayakan ProFauna ke orang-orang yang sudah ada di dalamnya. Tetapi setelah itu ya balik lagi karena memang tidak bisa lama-lama lepas dari dunia aktivis,” paparnya.

ProFauna sendiri mulanya memiliki nama KSBK dan berganti nama menjadi ProFauna Indonesia pada 2002.

Pergantian nama dilakukan karena suporter organisasi yang berasal dari luar negeri berkembang semakin banyak.

Agar nama organisasi menjadi lebih familiar bagi para suporter tersebut, KSBK kemudian diganti namanya menjadi ProFauna Indonesia.

Dukungan ini pula yang membuat Rosek tetap konsisten di jalur penyelamatan satwa dan lingkungan walau kerap diintimidasi.

Apalagi dengan dukungan ribuan suporter tersebut, baik moral maupun material, semakin banyak masyarakat yang dibuat sadar untuk ikut mencegah dan melawan praktik perdagangan satwa liar.

Tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk ikut andil melawan praktik perdagangan satwa liar, juga menjadi buah manis dari konsistensinya di jalur perlindungan satwa, khususnya selama 20 tahun berkarya di ProFauna Indonesia.

“Sekarang ini semakin banyak orang yang sadar dan ikut melawan perdagangan satwa liar. Banyak dari mereka yang memilih untuk melapor ke  ProFauna daripada melapor ke polisi. Dua puluh tahun ProFauna berdiri, kami juga sanggup menggalang gerakan masyarakat untuk ikut meredam perdagangan satwa,” pungkasnya.  (ben)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 2 = nine

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>