Mall Airport yang Ramah Lingkungan

Akhirnya, PT Angkasa Pura I (Persero) mulai operasional terminal baru Bandara Sepinggan, Sabtu (22/3/2014). Masyarakat pengguna jasa penerbangan dapat menikmati layanan di terminal baru yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang baru. Technical Director PT AP I Persero, Polana Banguningsih Pramesti mengatakan, ” Konsep terminal baru Bandara Sepinggan ini adalah green airport. Back to nature-lah. Apalagi Kalimantan kan terkenal dengan hutannya. Kami coba memasukkan di dalam designnya, mulai dari ornamen mirip batang pohon. Selain itu, Sepinggan juga memang diproyeksikan sebagai mall airport,” katanya. Konsep ramah lingkungan ini menurut Taochid Purnomo Hadi, Pimpinan Proyek Pengembangan Bandara Internasional (PPBIS) Sepinggan juga pada prinsip penggunaan kembali sisa air buangan. “Tidak seluruh kami buang. Sebagian diolah kembali menjadi sumber u hydrant, sprinkle, dan flushing,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Ochid lega akhirnya bandara baru segera dioperasionalkan. “Alhamdulillah selesai juga,” katanya.

Meski PPBIS-sebuah satuan kerja yang dibentuk PT AP I untuk mengelola proyek pengembangan bandara, sempat harus kerja ekstra mengingat sempat dibayangi kelangkaan semen. Dan menjelang operasional malah ada sebagian lanskap yang longsor. “Maklum tanah Kalimantan kan labil. Tapi ini, sudah kami perbaiki,” katanya.

Lion Air JT 763 rute Balikpapan-Jakarta menjadi pesawat yang terbang pertama dari bandara baru ini.

Persiapan operasi boyong dari bandara lama k bandara baru telah dimulai sejak penerbangan terakhir yang tiba di Bandara Sepinggan, Jumat (21/3/2014) antara pukul 21.00-22.00. Begitu operasional bandara lama usai, seluruh peralatan yang diperlukan dipindahkan ke bandara baru.

“Selanjutnya sejak pukul 02.00 akan dilakukan sterilisasi untuk operasional. Tidak ada lagi orang yang dapat keluar masuk tanpa menggunakan tanda pengenal,” demikian disampaikan Operational Director PT AP I (Persero), Yushan Sayuti, SE.   Bandara baru Sepinggan akan kembali dibuka, Sabtu (22/3/2014) tepat pukul 04.00  untuk proses check-in penumpang pesawat Lion Air JT 763 rute Balikpapan-Jakarta yang akan menjadi penumpang pertama yang berangkat melalui terminal keberangkatan yang berada di lantai tiga. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 × two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>