Pelatihan Penyusunan Dokumen Rippda

Perencanaan pembangunan maupun pengembangan memang membutuhkan perencanaan yang komprehenseif. Dalam penyusunanya  melibatkan berbagai sektor dan multi disipliner. Sehingga untuk menyusun dokumen perencanaan memang membutuhkan expertise sesuai bidangnya untuk memberikan suggestion. Hasil output yang didapatkan dari proses pengumpulan data hingga rekomendasi diharapkan mampu menjadi guideline perencanaan yang kompresensif dan berkelanjutan.
Pelatihan Rippda TCN 2

The Nature Concervancy (TNC) dalam sebuah kesempatan bekerjasama dengan beberapa pemerintah daerah utamanya di Kawasan Timur Indonesia (KIT) untuk memberikan bekal dalam penyusunan Rippda. Pelatihan yang dilaksanakan di Bali, 8-10 Oktober 2014 diikuti sekitar 25 orang peserta yang berasal dari tenaga ahli TNC dan juga dari pemangku kepentingan dari pemerintah daerah.

Salah satu hal menarik yang mengemuka dalam pelatihan tersebut adalah beberapa Rippda kabupaten belum mempunyai sinergitas dengan Rippda Provinsi dan Ripparnas. Sesungguhnya dalam penyusunan Dokumen RIPPDA untuk kabupaten / kota diharapkan juga mempunyai sinergi dengan Rippda provinsi dan utamanya dengan Ripparnas.

Pelatihan Rippda TCN

Diharapkan melalui pelatihan tersebut pemerintah daerah dapat merencankan pengembangan daerah khususnya pada bidang pariwisata secara komprehensif dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five − = 3

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>